• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Pos Kupang

Pantai Mananga Aba di SBD Jadi Pantai Kita, Warga Protes

Sabtu, 5 Januari 2013 22:10 WITA
Pantai Mananga Aba di SBD Jadi Pantai Kita, Warga Protes
POS KUPANG/ACA
Sandro Dandara
Laporan Wartawan Pos Kupang, Alfons Nedabang

POS KUPANG.COM, TAMBOLAKA
-- Perubahan nama pantai Mananga Aba menjadi Pantai Kita di Kecamatan Loura menuai protes sejumlah warga Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD). Warga menilai, pergantian nama secara sepihak oleh pengusaha Al Purwa sebagai upaya menghilangkan identitas daerah.

"Nama pantai Mananga Aba dikasi nenek moyang. Punya makna dan bernilai historis. Tiba-tiba datang pengusaha berinvestasi lalu dengan sesuka hati mengganti nama Mananga Aba menjadi Pantai Kita. Kami mendukung investasi yang dilakukan tapi bukan berarti pengusaha dengan serta merta menghilangkan identitas daerah," kata Sandro Dandara, mantan Duta Pariwisata, saat ditemui di Waitabula, belum lama ini.
Sandro menyayangkan pergantian nama pantai tanpa mendengar pendapat masyarakat.

"Dalam websitenya, www.sbd.com, Al Purwa menjelaskan bahwa Pantai Kita merupakan gugus Pantai Mananga Aba, Pantai Oro, Pantai Keruni dan Pantai Ketewel. Jadi, seolah-olah dia yang menemukan pantai ini dan memberi nama, seperti Colombus yang menemukan benua Amerika," sindir Sandro.

Pemilik warnet Moripanet ini mengungkapkan informasi yang ia peroleh dari dinas pariwisata bahwa untuk rancangan induk pariwisata daerah SBD yang telah disetujui DPRD, nama Pantai Kita tidak dipakai karena tidak dikenal. "Semua pantai tetap menggunakan nama asli. Sekarang bagaimana agar prasasti Pantai Kita itu bisa dicabut dan diganti dengan nama asli pantainya," ujar Sandro.
Editor: alfred_dama
Sumber: Pos Kupang
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas