• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Pos Kupang

Tahapan Pemilukada Nagekeo Dimulai 1 Februari 2013

Sabtu, 29 Desember 2012 21:44 WITA
Tahapan Pemilukada Nagekeo Dimulai 1 Februari 2013
Net
Ilustrasi
Laporan Wartawan Pos Kupang, Adiana Ahmad

POS KUPANG.COM, MBAY
-- Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilikada) Kabupaten Nagekeo  dimulai 1 Februari 2013.

Tahapan Pilkada Nagekeo diawali dengan pembentukan dan pelantikan PPK, PPS dan PPDP, Penetapan dan akreditasi pemantau dan Peluncuran Tahapan Program dan jadwal penyelenggaraan Pilkada Nagekeo serta  rapat kerja KPU Kabupaten Nagekeo tentang tahapan, program, jadwal serta regulasi pelaksanaan Pilkada di daerah itu.

Penetapan tahapan program dan jadwal Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nagekeo  tersebut telah dituangkan dalam Keputusan KPU Nagekeo  Nomor: 37/ Kpts/KPU-Kab-018.964746/XII/2012 tanggal 28 Desember 2012 dan telah disosialisasikan kepada seluruh pimpinan parpol  pada hari yang sama di Aula Hotel Sinar Kasih Mbay.

Tahapan Pemilukada  Nagekeo dibagai dalam tiga  yakni persiapan, pelaksanaan dan penyelesaian. Tahapan persiapan diawali dengan Pembentukan PPK,PPS dan PPD,  dilanjutkan dengan peluncuran Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Nagekeo.

Setelah  Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Nagekeo secara resmi diluncurkan,  KPU Nagekeo akan menerima  pemberitahuan   DPRD Kabupaten Nagekeo mengenai berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Nagekeo pada tanggal 09 Pebruari 2013. Sementara tahap pelaksanaan  Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Nagekeo  sesuai jadwal yang ditetapkan KPU Nagekeo,  diawali dengan pemberitahuan kepada Pemerintah Kabupaten Nagekeo tentang penyampaian data  penduduk potensial pemilu (DP4) oleh KPU Kabupaten Nagekeo yang akan berlangsung pada 10 Januari 2013 mendatang.

KPU Nagekeo secara resmi akan menerima DP4 Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Nagekeo dari Pemerintah Nagekeo pada 9 Februari 2013. Berdasarkan DP4 yang ada, KPu Nagekeo mulai menyusun  data/ daftar pemilih untuk disampaikan kepada PPS melalui PPK, memberikan bimbingan teknis dan sosialisasi penyusunan data/ daftar pemilih  kepada PPS dan PPDP.

Pemutakhiran data pemilih dimulai 11 Maret sampai 9 April 2013 dilanjutkan dengan pengesahan daftar pemilih sementara dan perbaikan daftar pemilih sementara (DPS) dari  10 sampai 30 April 2013, pencatatan data pemilih tambahan, 30 April  sampai 02 Mei 2013, pengumuman daftar pemilih tambahan (DPTB) 02 Mei sampai 04 Mei 2013,  dan penyusunana serta penetapan  daftar pemilih tetap (DPT) berdasarkan DPS  dan DPTB hasil perbaikan.

Untuk pencalonan diawali dengan penyerahan dukungan bakal  calon pasangan perseorangan 02 -06 April,  verifikasi administrasi dan factual dukungan bakal calon perseorangan 09-18 April,  pendaftaran bakal pasangan calon 28 April- 05 Mei,  pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani bakal calon perseorangan, penelitian administrasi syarat pengajuan bakal calon, syarat bakal calon,  dan dukungan bakal calon perseorangan, penyampaian/ pemberitahuan hasil penelitian,  06-12 Mei.

Khusus pasangan calon perseorangan, sesuai ketentuan harus mengantongi dukungan 6,5 persen dari jumlah penduduk di Nagekeo. Jikan merujuk kepada jumlah penduduk yang ada saat ini, 156.000 lebih maka pasangan calon perseorangan wajib mengantongi minimal 10.000 lebih dukungan.*
Editor: alfred_dama
Sumber: Pos Kupang
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas