Senin, 2 Februari 2015

Tokoh Pendidikan Itu Telah Pergi

Kamis, 13 Desember 2012 09:47 WITA

Tokoh Pendidikan Itu Telah Pergi
POS KUPANG/ADHIANA AHMAD
DI NANGARORO -- Jenazah Wakil Bupati Nagekeo, Drs. Paulus Kadju didampingi adik kandungnya ketika masih disemayamkan di Puskesmas Nangaroro, Rabu (12/12/2012).

Begitupun almarhum Drs. Paulus Kadju, Wakil Bupati Nagekeo.Tak satupun  mengira lelaki  santun dan murah senyum itu harus pergi untuk selamanya  menghadap sang kuasa  secepat itu, di saat semua orang Nagekeo  baru saja larut dalam eforia merayakan hari jadi keenam kabupaten itu.

Lahir dari pasangan Philipus Kota Wonga dan Ludvina Lidja, almarhum Paulus Kadju menghabiskan masa kecilnya di Aeramo, Desa Nataia, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo. Tamat di SDK Nataia dan SMEP, setara SMP di Tozupazo Danga, almarhum melanjutkan pendidikan ke SPGK Boawae tahun 1972.

Almarhum meninggalkan Nagekeo pada tahun 1972 ketika melanjutkan pendidikan ke Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)  Undana Kupang dan selanjutnya ke FIP IKIP Karang Malang-Yogyakarta tahun 1980. Separuh hidupnya dihabiskan untuk mengabdi di bidang pendidikan.

Baginya, pendidikan merupakan jalan bagi manusia untuk keluar dari kemiskinan.

Selama kariernya sebagai seorang pengajar atau pendidik, almarhum  sudah berkali-kali pindah tugas dari satu perguruan tinggi ke perguruan tinggi lainnya.

Mengabdi di almamaternya sebagai dosen FKIP Undana Kupang dari Juli 1980 sampai Desember 1990, almarhum kemudian  ditarik menjadi dosen Kopertis Wilayah VIII dan diperbantukan di FKIP Universitas Timor  (Untim) Dili-Timor Timur  dari  Januari 1991-Mei tahun 2000 ketika Timor Timor masih menjadi bagian dari NKRI.

Paulus Kadju dan keluarga  kemudian pindah ke Kabupaten TTU dan mengabdi di Universitas Timor (Unimor)  dari tahun 2000-tahun 2002  setelah Timor Timur melepaskan diri dari NKRI tahun 1998 lalu. Jiwa petualang sebagai seorang pendidik membawanya ke Universitas PGRI pada tahun 2003 lalu sampai ajal menjemputnya.

Halaman1234
Editor: omdsmy_novemy_leo
Sumber: Pos Kupang
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas