Senin, 24 November 2014
Pos Kupang

100 Tahun Gereja Katolik, Presiden SBY Ceramah di Ruteng

Rabu, 17 Oktober 2012 09:39 WITA

100 Tahun Gereja Katolik, Presiden SBY Ceramah di Ruteng
Tribunnews
Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden RI
POS KUPANG.COM, RUTENG -- Presiden Republik Indonesia,  Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan memberikan ceramah umum sekitar 30 menit sampai 40 menit kepada umat Katolik Keuskupan Ruteng di Lapangan Motang Rua, Ruteng, Jumat (19/10/2012).

Demikian disampaikan oleh Romo Carles Suwendi, Pr, Seksi  Dokumentasi dan Publikasi Yubelium, kepada wartawan saat jumpa pers di Pusat Pastoral (Puspas) Ruteng, Selasa (16/10/2012).

Romo Carles menjelaskan, Presiden SBY tiba di Ruteng Kamis (18/10/2012) besok untuk menghadiri undangan panitia perayaan Yubelium atau 100 tahun Gereja Katolik di Manggarai.

SBY menuju Ruteng menggunakan jalan darat, setelah pesawat yang ditumpanginya mendarat di Bandara Labuan Bajo. Sesampai di Ruteng, pada Kamis malam besok dia akan bertatap muka dengan tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat serta unsur pemerintah daerah.

"Presiden diperkirakan tiba di Ruteng jam 4.00 Wita sore. Malam harinya tatap muka dengan tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemerintah serta utusan dari lembaga-lembaga. tatap muka sekitar  pukul 07.00 Wita sampai pukul 08.00 Wita di Aula Ranaka. Jumlah yang hadir saat tatap muka sekitar 150 orang. Pada tanggal 19  pagi umat diminta sudah ada di Lapangan  Motang Rua pukul 06.30 Wita,"  kata Romo Carles.
Ia menjelaskan, Presiden SBY akan memberikan ceramah umum pukul 08.30 Wita. Presiden ceramah sekitar 30- 40 menit.

Usai ceramah, demikian Romo Carles, Presiden SBY menuju Gereja Katedral baru untuk penandatanganan prasasti Yubelium dan penanaman pohon.  Setelah itu ke rumah jabatan bupati, dan selanjutnya kembali ke Labuan Bajo lewat darat untuk pulang ke Jakarta.
Ia mengatakan, kegiatan puncak yubelium dimulai hari ini, Rabu (17/10/2012). Jenis kegiatan penanaman seribu anakan pohon di Golo Lusang, sekaligus ibadah ekologis.
Saat itu akan ada sambutan dari Wakil Bupati Manggarai, Deno Kamilus. Setelah itu  pemberkatan perpustakaan STKIP Ruteng.


Kegiatan lainnya bedah buku yubelium berjudul Iman, Inkulturasi dan Pergumulan Sosial. Buku kedua  tentang pertumbuhan spiritual. Selain itu, akan ada presentasi beberapa buku berkaitan  yubelium. Semua kegiatan itu berlangsung sekitar satu jam. Dalam acara itu akan ada sambutan dari Bupati Manggarai Timur, Yosep Tote.

Pada Rabu sore ini, dibuka pameran dipadukan  pentas seni budaya di pelataran katedral baru, pukul 18.00 Wita. Pada acara itu ada sambutan dari Bupati Manggarai, Christian Rotok dan Uskup Ruteng, Mgr. Hubertus Leteng, Pr.

"Pameran diikuti belasan stan dari keuskupan, kevikepan, biara-biara dan paroki-paroki. Salah satu tujuannya untuk promosi panggilan atau perkenalan biara-biara. Sedangkan dari  keuskupan tentang informasi perjalanan Gereja Katolik. Pameran dipadukan dengan pentas seni budaya pada  tanggal 17 - 21 Oktober 2012. Setiap malam buka sampai sekitar jam 11.00," jelas Romo Carles.

Dikatakannya, beberapa agenda acara yang dibatalkan, yakni pertandingan sepakbola persahabatan dan gerak jalan sehat.  Misa yubelium kaum muda di Gereja Mbaumuku,  berlangsung pada pagi hari tanggal 18 Oktober 2012, dipimpin oleh Uskup Ruteng, Mgr. Hubertus Leteng, Pr.

Misa Yubelium inkulturatif pada tanggal 19 Oktober 2012 pukul 16.00 Wita dipimpin oleh Uskup Bogor, Mgr. Mikael Angkur, OFM. Pada tanggal 19 Oktober 2012 itu juga, Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr. Antonio Filipazzi, akan tiba di Ruteng.   Mgr. Antonio akan memimpin misa Yubelium keluarga pada tanggal 20 Oktober 2012 di Gereja Katedral baru pukul 08.00 Wita. Setelah misa  akan ada pementasan tarian caci di pelataran Gereja Katedral baru sampai siang hari.

Pada sore hari acara peletakan batu pertama pembangunan rumah keuskupan di Leda-Ruteng pukul 17.00 Wita. Dilanjutkan salve agung di Gereja Katedral lama pukul 17.30 Wita.

Perayaan misa puncak Yubelium tanggal 21 Oktober 2012 di Lapangan Motang Rua. Setelah misa tidak ada resepsi khusus untuk umat. Tetapi, ada tujuh  titik disediakan makanan ringan pangan lokal di sekitar Lapangan Motang Rua.

Untuk tamu VIP,  kata Romo Carles, resepsinya  di aula MCC kompleks pertokoan Ruteng. Sedangkan para menteri kabinet yang datang belum bisa dipastikan sampai Selasa kemarin. "Ketua KWI, Mgr. Situmorang juga akan hadir. Jumlah uskup yang hadir sekitar 11 orang," kata Romo Carles.

Acara lainnya, jelas Romo Carles, konser yubelium di Lapangan Motang Rua tanggal 21 Oktober 2012 pukul 19.00 Wita. Sedangkan seminar Yubelium akan dihadiri oleh nara sumber, antara lain Romo Frans Magnis Suseno, di Aula Misio STKIP Ruteng, setelah Presiden SBY meninggalkan Ruteng. (ser)
Editor: alfred_dama
Sumber: Pos Kupang

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas