PosKupang/

TNI Gagalkan Lagi Penyelundupan BBM ke Timor Leste

Setelah sehari sebelumnya anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Satuan Tugas Pengaman Perbatasan RI-Timor Leste

TNI Gagalkan Lagi Penyelundupan BBM ke Timor Leste
Kompas.com
BBM selundupan sebanyak 17 ton lebih, yang diamankan di Markas Komando Satgas Pamtas Batalyon Infanteri 312/Kala Hitam, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Minggu (2/9/2012).
POS KUPANG.COM, ATAMBUA -- Setelah sehari sebelumnya anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Satuan Tugas Pengaman Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Timor Leste, Yonif 312/Kala Hitam di pos Desa Napan, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, berhasil menggagalkan penyelundupan 775 liter bahan bakar minyak (BBM) jenis premium, solar dan minyak tanah ke Distrik Oekusi, Timor Leste.

Kali ini anggota TNI dari kesatuan yang sama berhasil menggagalkan penyelundupan 17.890 liter BBM ke Timor Leste, di dua tempat berbeda di Kabupaten Belu, NTT.

Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 312/Kala Hitam Mayor Inf. Hengki Yuda Setiawan melalui Pasi Intel Letnan Satu Inf. Rudi Kurniawan, kepada Kompas.com, Minggu (2/9/2012) petang, mengatakan, operasi penggagalan penyelundupan BBM tersebut dilakukan di dua tempat.

Di Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, pada pukul 21.15 Wita, TNI mengamankan 1.725 liter BBM (solar 1.100 liter dan premium 625 liter) serta satu unit kendaraan angkutan kota (angkot). Aparat juga mengamankan sopir angkot bernama Ronaldo Elvis dan kernetnya, Melkianus Mau.

Lanjut Rudi, operasi juga digelar di tempat berikutnya yakni di lima titik sepanjang pesisir laut Atapupu sampai Motaain/kawasan Seroja, yang disinyalir tempat penyelundupan jalur laut pada dinihari tadi sekitar pukul 00.30 Wita. Di tempat inilah, jumlah BBM yang diamankan cukup banyak yakni 16.165 liter dengan rincian 9.575 liter premium, 4.430 liter solar dan 2.160 liter minyak tanah.

"Jadi total seluruh hasil kegiatan operasi yang dilaksanakan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 312/Kala Hitam (satgaspur, satgas intel, satgas POM, satgashub) yang berhasil menggagalkan penyelundupan BBM ke Timor Leste yakni jumlahya mencapai 17.890 liter," ungkap Rudi.

Oleh karena itu, ke depan, tegas Rudi, Satgas Pamtas RI-RDTL akan senantiasa berkomitmen dan berusaha secara konsisten melaksanakan tugas pokok yang diamanatkan negara yakni menjaga kedaulatan NKRI di wilayah perbatasan dari setiap ancaman dan tindakan ilegal di perbatasan.

"Semua yang dilakukan ini semata-mata untuk menjaga martabat bangsa dan membela kepentingan masyarakat. Masyarakat kita saja di perbatasan masih kesulitan mendapatkan BBM, kenapa segelintir orang harus menyelundupkan BBM ke Timor Leste, yang hanya menguntungkan segelintir orang tersebut," tegas Rudi.

Saat ini semua barang bukti berupa BBM yang disimpan di drum dan jeriken tersebut masih dikumpulkan di markas Satgas Pamtas, untuk selanjutnya akan diserahkan ke Polres Belu untuk diproses sesuai aturan yang berlaku.

Editor: alfred_dama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help