• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 22 Oktober 2014
Pos Kupang

Bripda Jeann Reke Kami Tidak Jauh

Jumat, 1 Juni 2012 21:36 WITA
Bripda Jeann Reke Kami Tidak Jauh
POS KUPANG/MAR
Bripda Jeann Reke
POS KUPANG.COM -- Paduan serasi kulit cerah dan senyum manis memberi kesan dia seorang wanita cantik. Dialah Bripda Jeann Reke, salah seorang polisi wanita (Polwan) di jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT). Jeann lulusan Sekolah Polwan Jakarta Selatan, tahun 2010, angkatan ke-34 yang disebut angkatan ATE.

Tetapi, di balik kecantikan dan keramahannya, sesungguhnya gadis kelahiran Camplong, Kabupaten Kupang, 18 Januari 1991, ini adalah seorang polwan yang hebat olahraga bela diri.

Ketika ditemui Pos Kupang di ruang kerjanya, Selasa (29/5/2012) siang, gadis yang sehari-hari bertugas sebagai Sekretaris Pribadi (Sespri) Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) NTT ini bercerita banyak tentang kegiatannya, selain  tugas utamanya sebagai seorang polwan. Apalagi ketika ditanya tentang olahraga bela diri kempo yang ditekuninya, Jeann bercerita penuh semangat.  

Jeann anak pertama dari enam bersaudara, buah hati pasangan Maulido Reke dan Veby Dian Tjung. Kedua orangtuanya wiraswasta.

Jeann mengawali pendidikannya di SD Negeri Camplong. Melanjutkan ke SMP Negeri 1 Fatuleu di Camplong. "Saya ikut latihan bela diri kempo sejak SD. Awalnya saat kelas lima SD, saya ikut bela diri karate. Tahun berikutnya saya pindah ke olahraga bela diri kempo. Kami latihan kempo di Oelamasi, Kabupaten Kupang," tuturnya.

Setelah menjadi atlet kempo, Jeann dikirim ke KONI NTT sebagai atlet kempo. Saat itu ia duduk di kelas III SMP Negeri 1 Fatuleu, Camplong. Karena sudah menjadi atlet kempo KONI NTT, Jeann melanjutkan pendidikan ke tingkat SMA, mendaftar dan masuk SMA Negeri 1 Kupang. Setelah tamat SMA, Jeann testing masuk polisi. Lulus. Setelah diterima, Jeann mengikuti pendidikan di Sekolah Polisi Wanita (SEPOLWAN) Jakarta Selatan.

"Ketika masih aktif sebagai atlet kempo di KONI NTT,  beberapa kali saya ikut kejuaraan nasional (Kejurnas) kempo. Saya pernah mendapat rekomendasi dari Gubernur NTT sebagai atlet kempo terbaik. Saat Kejurnas Kempo di Sidoarjo, Jawa Timur, waktu masih duduk di SMA, saya  pernah mendapat medali emas," ujarnya.

Saat ini karena Jeann  sibuk dengan pekerjaan sebagai Sepri Wakapolda NTT, kegiatannya  sebagai atlet kempo  KONI NTT berhenti sementara. Jeann menjadi pelatih pembantu dojo Polda NTT. Sebelum menjadi pelatih pembantu dojo Polda NTT, wanita yang kini memegang sabuk coklat Kyu I ini pernah menjadi pelatih kempo di Polres Kupang dan di Brigif  21/Komodo, Camplong.

Ditanya kegiatannya setelah selesai menjalankan tugasnya di kantor, Jeann mengatakan, pulang kerja ia biasanya langsung tidur karena sudah capai.  "Saya pulang kerja sekitar jam 6 sore. Pernah juga pulang kerja jam 7 malam. Pulang kerja itu tergantung banyaknya surat masuk. Kalau surat masuknya banyak, semakin lambat kami pulang kerja," kata wanita yang mengaku tinggal di wilayah Kelurahan TDM Kupang ini, dibenarkan teman-temannya sesama Sespri Wakapolda NTT.

Kalau sedang liburan atau kadang-kadang saat hari  minggu, biasanya Jeann pulang ke Camplong berkumpul bersama orangtuanya.

Tentang calon pasangan hidup? "Sejujurnya saat ini calon pendamping hidup saya orang Sabu, namanya Briptu Edwardo Djami. Saat ini dia ajudan Kapolda NTT. Tempat kerja kami tidak jauh, sama-sama polisi," kata Jeann yang mengaku suka makan jagung bose dan sambal lu'at ini.

Menyinggung soal kesannya menjadi Sespri Wakapolda NTT, Jeann mengatakan, yang paling menarik ia tahu informasi dari Mabes Polri lebih dahulu dibanding yang lain karena merekalah yang pertama menerima surat masuk.

"Kalau ditanya pernah dimarahi Pak Wakapolda NTT,  saya belum pernah. Cuma kalau ditegur karena salah dalam menjalankan tugas apalagi melakukan kesalahan yang sama lebih dari sekali, itu saya katakan ya. Tetapi bagi saya, dimanapun atau di bidang manapun kita bekerja, jika kita bekerja dengan enjoy, kita mencintai pekerjaan yang kita jalani. Pasti hasilnya akan baik," kata Jeann. (mar)
Editor: alfred_dama
Sumber: Pos Kupang
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
75919 articles 14 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas