• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Pos Kupang
Home »

SMAN 1 Atambua Juara Kualifikasi LCC UUD 1945 NTT

Sabtu, 25 Juni 2011 09:41 WITA

POS-KUPANG.COM, KUPANG -- Tim Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Atambua Kabupaten Belu berhasil menjuarai babak kualifikasi Lomba Cerdas Cermat (LCC) UUD (Undang-Undang Dasar) 1945 tahun 2011 tingkat Provinsi NTT. SMAN 1 Atambua berhasil lolos setelah mengalahkan Madrasyah Aliah (MA) Model Kupang dan SMAN 1 SoE pada final yang berlangsung di Hotel Romyta Kupang, Jumat (24/06).

Lomba yang berlangsung sejak 20-24 Juni ini diikuti oleh 21 tim dari 21 kota/kabupaten se-NTT. Dari 21 tim yang berkompetisi pada babak pra kualifikasi LCC UUD 45, tiga tim gugur dan tersisah 18 team yang akan mengikuti dan berkompetisi pada kualifikasi LCC UUD 45 tingkat Provinsi NTT yang dilaksanakan langsung oleh panitia pusat dari Sekretariat Jenderal (Sekjen) MPR RI, 24-27 Juni di Kupang.

Ketua Panitia kegiatan Benediktus Gaya saat menutup lomba di Aula Hotel Romyta Kupang, mengatakan para tim perwakilan dari kota/kabupaten sudah berkompetisi secara baik dan masih perlu tingkatkan pembelajaran mengenai pendidikan kewarganegaraan, UUD 45 dan ketetapan MPR RI.

Gaya juga mengarahkan peserta didik dari 18 tim yang lolos agar mengutamakan kecermatan dalam menjawab semua soal yang diberikan dalam perlombaan. Peserta tim harus cermat menganalisa soal-soal terkait UUD 45, ketetapan MPR RI, UU yang berkaitan dengan lembaga negara dan kewenangannya serta UU partai politik.

Gaya berharap setiap tim harus berjuang sekuat kemampuan meningkatkan perolehan skor atau poin, karena dari hasil lomba pra kualifikasi, para tim hanya mempu mengumpulkan 120 poin, sedangkan poin maksimal yang harus dikumpulkan pada lomba tingkat nasional yakni 225. Untuk itu setiap tim harus giat persiapkan diri hadapi kualifikasi LCC UUD tingkat Provinsi NTT mendatang di Aula Korem Wirasakti Kupang.

Gaya menjelaskan, juara pertama pra kualifikasi LCC UUD 45 2011 NTT yakni SMAN 1 Atambua, peringkat kedua SMAN 1 SoE, dan ketiga MA Model Kota Kupang. Sedangkan untuk kategori lomba yel-yel terbaik diraih SMA Syuradikara sebagai juara satu, SMA Kristen Kupang sebagai juara kedua dan SMAN 1 Kota Kupang sebagai juara ketiga.

Menurut Gaya, Wakil Ketua MPR RI Dr. Ahmad Farhan Hamid, MS dan Gubernur Provinsi NTT Drs. Frans Lebu Raya akan hadir untuk menyaksikan langsung jalannnya kualifikasi LCC UUD 45 2011 tingkat Provinsi NTT di aula Korem Wirasakti, 24-27 Juni.

Penutupan kegiatan lomba yang dijuri oleh para dosen dari Universitas Nusa Cendana Kupang (Undana) ini, ditandai dengan penyerahan piala dan bonus kepada tim pemenang.

Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas