Senin, 25 Mei 2015

3,5 Juta Ha Savana NTT Surga yang Terancam

Minggu, 12 Juni 2011 01:45

Oleh Vinsen Making, SKM

PROPINSI  Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah dominan daerah Savanna. Diperkirakan mencapai 3,5 juta Ha (Luas wilayah daratan NTT 47.349,90 km2). Untuk itu savanna harus dipahami secara baik sehingga tidak salah dalam mengambil kebijakan dan tidak mengeluarkan dana yang besar.

Demikian ungkap Dr. Ir. Ludji Michael Riwu Kaho, M.Si, dalam diskusi terbatas di Ruang Redaksi Pos Kupang untuk membedah draf buku ‘Ekologi Savana Kepulauan’ yang akan diterbitkannya, sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, Sabtu (4/6/2011)

Hal yang menarik adalah belum dikembangkannya savana sebagai salah satu aset berharga dalam menunjang perekonomian yang ada di NTT. Yang ada selama ini malah sebaliknya, upaya yang tidak tidak tepat atau salah sasar (dengan menanam tanaman yang tidak sesuai dengan kontur NTT) dan upaya perusakan savana (menambang di daerah savana).

Dari keterbatasan data yang ada penulis coba mengurai beberapa hal yang mungkin berguna bagi semua warga NTT untuk menyadari tentang keberadaan dan arti penting dari savana untuk menunjang kehidupan sehari-hari.
Gambaran Umum NTT

Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terletak di selatan katulistiwa pada posisi 80 - 120  Lintang Selatan dan 1180 - 1250 Bujur Timur dengan Batas-batas wilayah; Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Flores, Selatan dengan Samudera Hindia, Timur dengan Negara Timor Leste dan Sebelah Barat dengan Propinsi Nusa Tenggara Barat.

NTT merupakan wilayah kepulauan yang terdiri dari 566 pulau, 432 pulau diantaranya sudah mempunyai nama dan sisanya sampai saat ini belum mempunyai nama. Diantara 432 pulau yang sudah bernama terdapat 4 pulau besar: Flores, Sumba, Timor dan Alor  (FLOBAMORA) dan pulau-pulau kecil antara lain: Adonara, Babi, Lomblen, Pamana Besar, Panga Batang, Parmahan, Rusah, Samhila, Solor (masuk wilayah Kabupaten Flotim/ Lembata), Pulau Batang, Kisu, Lapang, Pura, Rusa, Trweng (Kabupaten Alor).

Halaman1234
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas