Minggu, 23 November 2014
Pos Kupang

Tambah Pangkalan Minyak Tanah

Senin, 9 Mei 2011 12:36 WITA

KUPANG, POSKUPANG.COM — Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Kupang merekomendasi penambahan 20 pangkalan minyak tanah baru untuk mengatasi persoalan minyak tanah yang selama ini sering terjadi.

“Kami masih melakukan penataan untuk pangkalan minyak tanah. Ada beberapa daerah yang masih memungkinkan tambahan pangkalan minyak tanah ditinjau dari segi lokasi dan jumlah penduduk serta pangkalan yang ada. Total semuanya ada 20 lokasi yang kami rekomendasikan untuk pembukaan pangkalan baru. Sementara yang lama tetap dan tidak ada penutupan,” kata Kepala Disperindag Kota Kupang, Viktor Umbu Manna, SE, saat ditemui Jumat (6/5/2011).

Menurut Umbu Manna, untuk mendapatkan rekomendasi menjadi pengkalan di lokasi yang direkomendasikan adalah kewenangan dari Bagian Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Kupang.

“Disperindag hanya merekomendasikan tempatnya. Diharapkan dengan dibukanya 20 pangkalan minyak tanah yang baru ini bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang kesulitan mendapatkan minyak tanah selama ini,” katanya.

Ia menyebut salah satu contoh tempat yang direkomendasikan perlu ada penambahan pangkalan yakni di Kelurahan Naioni. Di wilayah tersebut tidak ada satupun pangkalan. Dengan rekomendasi ini maka warga yang ingin menjadi pangkalan harus memenuhi beberapa persyaratan. Untuk menjadi pangkalan minyak tanah, yang harus ada adalah SITU (Surat Izin Tempat Usaha) dan ini merupakan yang paling utama.

Umbu Mana menilai masih ada banyak pangkalan minyak tanah yang tidak memiliki SITU.

“Yang tidak memiliki SITU disebut pangkalan minyak tanah ilegal karena itu pemkot Kupang akan melakukan penertiban terhadap SITU pangkalan minyak tanah,” ujarnya.

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas