Laporan Feliks

3 Kabupaten Sepakat Kelola DAS Benanain

KUPANG, Pos-Kupang.Com -- Tiga kabupaten di Timor, yakni Timor Tengah Selatan (TTS), Timor Tengah Utara (TTU) dan Kabupaten Belu sepakat mengelola daerah aliran Sungai (DAS) Benenain secara terpadu.

KUPANG, Pos-Kupang.Com -- Tiga kabupaten di Timor, yakni  Timor Tengah Selatan (TTS), Timor Tengah Utara (TTU) dan Kabupaten Belu sepakat  mengelola daerah aliran Sungai (DAS) Benenain secara terpadu.

Kesepakatan itu dituangkan dalam naskah kerja sama antardaerah yang sudah ditandatangani di Kupang oleh Bupati TTS, Paul Mella, Bupati TTU, Gabriel Manek, Bupati Belu, Joachim Lopez dan Wakil Gubernur NTT, Ir. Esthon Foenay disaksikan pimpinan DPRD dari ketiga wilayah.

Wagub Esthon Foenay mengatakan, kesepakatan ini harus menjadi instrumen pengikat dan operasionalnya adalah rencana induk dan peta jalan pengelolaan DAS Terpadu Benenain 2010-2025.

Dia juga berharap pemerintah dan DPRD dapat memberikan dukungan penuh terhadap rencana pengelolaan DAS Terpadu Benanain.

Wagub Esthon  Foenay menambahkan, masalah Sungai Benanain sangat kompleks dan tidak bisa hanya ditangani sendiri oleh Pemerintah Kabupaten Belu.

"Penanganannya harus dilakukan secara bersama-sama oleh tiga pemerintah daerah sehingga kerja sama dan koordinasi antarwilayah menjadi hal yang sangat diperlukan untuk suksesnya program ini," imbuhnya.

Sungai Benanain setiap tahun meluap dan merusak  tanaman, ternak dan harta benda milik penduduk di Kabupaten Belu, wilayah yang berbatasan dengan negara Timor Leste.    
Penduduk setempat tidak bisa menghindarinya karena banjir selalu datang tiba-tiba dan menerjang pemukiman penduduk walaupun di daerah itu tidak terjadi hujan.

"Biasanya banjir kiriman dari dua daerah tetangga yakni Kabupaten TTS dan TTU," kata Esthon Foenay. (kk/ant)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved