Jalan SK Lerik Menunggu Pengesahan Walikota

KUPANG, POS KUPANG -- Nama mantan Walikota Kupang, Samuel Kristian Lerik (Alm) akan diabadikan menjadi nama sebuah jalan di Kota Kupang. Saat ini tinggal menunggu penegesahan Walikota Kupang, Drs. Daniel Adoe.

KUPANG, POS KUPANG -- Nama mantan Walikota Kupang, Samuel Kristian Lerik (Alm) akan diabadikan menjadi nama sebuah jalan di Kota Kupang. Saat ini tinggal menunggu penegesahan Walikota Kupang, Drs. Daniel Adoe.

"Ruang jalan propinsi yang memotong jalur Jalan Ade Irma dan Jalan Sam Ratulangi, akan kita beri nama Jalan Samuel Kristian Lerik," kata Kepala Bagian Hukum Setda Kota Kupang, Polce Amalo di Kupang, Kamis (30/9/2010).

Almarhum Samuel Kristian Lerik dinilai sangat berjasa dalam meletakkan kerangka-kerangkan pembangunan bagi Kota Kupang, sehingga namanya cukup pantas jika diabadikan menjadi sebuah nama jalan dalam Kota Kupang.

"Kita beri nama jalan Samuel Kristian Lerik, karena beliau telah berjasa sebagai peletak dasar pembentukan Kota Kupang ini," katanya menambahkan.

Menurut Amalo rencana pengabadian nama mantan Walikota Kupang sebagai nama salah satu jalan di Kota Kupang itu hanya menunggu pengesahan dari Walikota Kupang, Daniel Adoe.

Samuel Kristian Lerik pernah menjabat sebagai Walikota Administratif (Kotif) Kupang dari 1986 sampai 1996, menggantikan Messakh Amalo.

Mantan siswa sekolah calon perwira (Secapa) proyek-7.000 tahun 1965 di Cimahi itu, dipercayakan lagi sebagai Penjabat Wali Kota Kupang selama periode 1996-1997 ketika Kupang berubah status menjadi Kota Madya pada 1996.

Melalui pemilihan walikota yang dilakukan oleh DPRD Kota  Kupang, Samuel Kristian Lerik terpilih lagi menjadi Walikota Kupang periode 1997-2002.

Ketika terjadi perubahan politik di tingkat nasional bahwa pemilihan seorang kepala daerah harus dilakukan oleh DPRD bersama dengan seorang wakil kepala daerah dalam satu paket, Lerik pun kembali terpilih menjadi Walikota Kupang dari periode 2002-2007.

Ketika itu, Lerik bersama Daniel Adoe terpilih menjadi Walikota dan Wakil Walikota Kupang oleh DPRD setempat. Lerik meninggal dunia pada 17 Agustus 2010 dalam usia 64 tahun, akibat komplikasi berbagai macam penyakit.

Purnawirawan TNI-AD berpangkat kolonel itu, pergi meninggalkan seorang istri Ny Maria Lousia Lerik-Adu dan empat orang anak.

Salah seorang putra di antaranya, Viktor Lerik kini menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Kupang periode 2009-2014.

Almarhum Semuel Kristian Lerik, juga pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Kupang pada 1984. (ant)



 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved